Mau Tau? Perbedaan WordPress VS Blogspot

Posted on

Mau Tau? Perbedaan WordPress VS Blogspot, Seiring perkembangan akan kebutuhan website dekade ini banyak sekali orang orang untuk memiliki website guna kebutuhan pribadi mereka.

Mau Tau? Perbedaan WordPress VS Blogspot

Saat ini ada 2 platform besar yang menyediakan website bloging yaitu WordPress dan blogspot, Kedua platform ini sangat popoluer sekali di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya akan kita coba jelaskan apa perbedaan dari kedua platform besar ini. Mengapa mereka sangat diminati penguna blogs untuk itu kan kita coba banding perbedaan mereka ini WordPress VS BLogspot ” 

Baca Juga : Beriklan di facebook lebih murah

WordPress dan blogspot ini memanga mempunyai kelebihan dan daya tarik sendiri sehinga mereka diminati sangat oleh orang inonesia, Orang Indonesia memang sangat doyan dengan yang gratis gratisan ini. Jadi sebelum penjelasan ini kita bahas , saya ingin bertanya kepada anda apakah anda sudah mengunakan kedua dari platform besar ini ? Kalau sudah anda sendiri pasti sudah anda rasakan manis dan indahnyanya platform ” WordPress & BLogspot ”  ini.

WordPress VS BLogspot 

Yang pertama sekali blogspot adalah milik Google, Google adalah perusahaan  terbesar provider dengan segudang fasilitas yang disediakan baik itu yang gratis maupun berbayar.

Blogspot VS WordPress

Tak tangung tangung google telah memfasilitasi apa yang diinginkan bloger mulai dari

Platform ini menawarkan banyak fitur bawaan Google, seperti Google Ads, Google AdSense, dan integrasi Google Analytics. Fitur-fitur tersebut tentunya sangat berguna untuk blogger yang ingin mengembangkan situsnya.

Nah gambar diatas menunjukan betapa banyaknya fasilitas yang diberikan Google untuk penguna dan pencintanya salah satu yang sangat digemari adalah Blogspot yang kita ceritakan diatas.

Blogspot

Pyra Labs adalah pencipta pertama yang berdomisli di San Frasico saat sebelum di beli google dimana saat itu adalah kebangkitan titik com atau dot com (.com).

Untuk Fiturnya sendiri blogspot tidak banyak mengalami perubahan karena mereka mengangap interfacenya lebih nyaman dan leluasa digunakan oleh pengunanya.

WordPress

Selang tidak berapa lama atau lebih kurang setahun lahirlah wordpress dengan gaya dan mengutamakan tampilan atau dibumbui dengan widget dengan tujuan memperindah tampilan dan style website.Untuk  tampilan lebih mendominasi pada gambar atau foto pada wordpress ini.

WordPress dibangun dengan Msql dan Php, untuk flatform yang satu ini bisa digunakan oleh pemula maupun yang sudah handal. dengan interface yang mudah ditebak dan pengaturan yang sederhana maka wordpress lebih digemari penguna blogs pribadi maupun bisnis.

Perbandingan biaya blogspot VS WordPress

Blogspot

Blogspot murni gratis dengan subdomain blogspot.com. tapi jika anda ingin mengunakan domain anda sendiri google tetap terbuka pengunaanya, sedangkan hostingnya tetap mengunakan hosting google dan tanpa mengunakan Hostng Cpanel.

Kalu anda lebih memahami Html dan Css blogspot ini boleh juga dibawa untuk ditampilkan keindahan dan design interfacenya.Jadi anda akan bisa lebih mendalam mengutak atik source nya.

WordPress

WordPress juga memiliki fasilitas gratis dengan sub domain wordpress dan hostingnya bersumber dari wordpress sendiri.sayangnya tema gratis yang gratis disedaikan mereka pengunaanya sangat terbatas kalu boleh dibilang anda hanya diperbolehkan menulis dasar blog saja.

Untuk yang versi berbayar sendiri anda bisa menentukan pengunaan widget dan plugin yang anda sukai. plugin “bongkar pasang” itulah salah satu keunikan dari WordPress ini, mereka banyak didukung pengembang plugin atau developer, premium dan gratis, kalau gratis biasanya tidak disediakan udpate keversi full yang lebih lengkap.

Demikianlah sedikit uraian sedehana yang saya tulis dan anda mengambil keputusan yang mana kakan anda gunakan, kalau menurut saya, untuk pemula lebih mengunakan blogspot dahulu karena “murni gratis” dan tutorialnya cukup banyak di Youtube mulai dano basic sampai kepada yang premium.

Semoga Perbedaan WordPress VS Blogspot yang saya gambarkan ii bisa menjadi manfat untuk anda yang sedang ragu mengunakan flatform apa yang leih baik untuk belajar menerjuni blog penulisan artikel.