Advertisement
Apa Guna Cairan Pendingin Radiator Sepeda Motor
Otomotif

Apa Guna Cairan Pendingin Radiator Sepeda Motor

Apa guna cairan pendingin radiator sepeda motor? Nah…inilah kadang kadang menjadi pertanyaan bagi kita pengendara sepeda motor lawas.

Cairan pendigin ini ada juga yang menyebutnya Water Coolant untuk fungsinya sama saja, hanya bahasa saja yang satu bahasa bule dan satu lagi bahasa indo.

Baca juga : Sepeda motor harian yang menyenangkan

Cairan pendingin ini sangat fital sekali bagi motor yang sudah dirancang mengunakan radiator kalau cairan ini tidak dimasukan atau tidak digunakan dalam radiator tersebut, berbeda dengan dengan sepeda motor berpendingin udara seperti motor lawas pada umumnya.

Apa Fungsi cairan pendingin radiator ini ?

Fungsinya adalah menjaga suhu mesin pada titik panas yang ideal pada sepeda motor saat motor digunakan.

Untuk anda penguna sepeda motor yang mengunakan radiator sebaiknya anda harus sering sering memperhatikan air radiator yang satu ini, jika cairannya sudah memburuk sebaiknya anda ganti dengan yang baru.

Dampak buruk dari tidak berfungsinya cairan radiator ini adalah ? sepeda motor yang anda gunakan bisa mengalami overhead atau panas berlebih pada mesin dan mengakibatkan mesin sepeda motor anda rusak dan akan terjadi crass pada blok dan piston motor anda.

pendingin radiator sepeda motor

Jarak optimal pengantian water coolant ini adalah 36.000 km tergantung merek yang anda gunakan, biasanya beda merek beda kemapuannya, kalau saran saya lebih baik anda mengunakan angka dibawah dari yang tertera pabrikan.

Baca Juga : Cara membuat stiker striping motor sendiri

Dari sekian merek water coolant yang beredar dipasaran anda bisa memilih salah satu dari merek tersebut, karena pada dasarnya sama fungsi dan dan manfaat.

Saran :

  • Pastikan anda selalu mengunakan merek dan type  yang sama disetiap pengatian cairan pendingin, ini bertujuan agar kebiasaan cairan serta formula bisa menyesuaikan dengan radiator yang anda miliki.
  • Hindari gonta ganti pengantian merek cairan pendingin water coolant, karena ini bisa bersifat merusak untuk radiator anda karena disetap merek tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Jadi  mengunakan cairan pendingin radiator sepeda motor ini sangatlah utama sekali untuk sepeda motor yang mengunakan pendingin radiator. seperti paru parunya manusia radiator bersifat bernafas yang mengalirkan suhu dingin ke body mesin motor anda